Langsung ke konten utama

Oleh - oleh dari Medan

Yuhuuuu, di artikel ini saya mau cerita yang enak - enak. Ya gimana gak enak, soalnya hampir semua yang akan saya tulis dibawah ini wujudnya makanan ... Hihihi

Medan, siapa sih yang gak tau ibukota dari Sumatra Utara ini. Yang selalu terlintas di setiap orang kalau ke Medan itu pasti kulinernya yang enak


Oke deh, langsung aja ya saya kasih tau oleh - oleh apa aja siy yang konon wajib di bawa kalau kalian pergi ke Medan

1. Bolu Meranti
Apa siy yang istimewa dari bolu ini ketimbang bolu lainnya. Bolu yang tokonya terletak di Jalan Sekip dan Jalan SM Raja Medan ini punya kelebihan ketimbang kebanyakan bolu lain. Teksturnya lebih lembut dan rasanya emang lebih enak siy dibanding bolu lain yang pernah saya rasain
Ada rasa mocca, keju dan bluberry.  Mau yang ada topping atau gak. Buat yang gak suka dengan ukuran standartnya, Bolu Meranti juga ada yang ukuran mini yang dalam kotaknya tersedia 3 rasa. Dan kesukaan saya ya yang ukuran mini itu

Bolu Meranti ( sumber gambar : Bolu Meranti )

2. Bika Ambon
Di Medan ini banyak yang menjual bika Ambon. Yang paling terkenal ya Bika Ambon Zulaikha yang terletak di Jalan Majapahit. Selain Zulaikha, ada juga Acai dan Ahun
Kalau saya pribadi siy, gak terlalu suka bika Ambon 😁😁

Bika Ambon ( sumber gambar : Google )

3. Manisan Jambu
Hmmmm ... Ini niy salah satu oleh-oleh favorit saya di Medan ini. Banyak siy yang jual manisan jambu. Udah beberapa tempat saya coba
Dan yang menurut saya paling enak ya di Manisan Jambu Aguan. Kedai yang ada di Jalan Majapahit ini menyediakan manisan jambu dengan 2 rasa, ada yang manis dan ada yang gurih
Gak cuman manisan jambu, di kedai itu juga disediakan berbagai manisan lainnya

Manisan Jambu ( sumber gambar : Tokopedia )

4. Rujak Aceh LLF
Mungkin masih banyak yang belum mendengar rujak ini. Rujak Aceh LLF ini gak kayak rujak pada umumnya yang memakai bumbu gula merah dan kacang
Istimewanya Rujak Aceh LLF adalah bumbunya menggunakan kuah kweni. Isiannya terdiri dari nanas, pepaya, bengkoang, ketimun, kolang kaling dan kweni. Dikemas dalam plastik seberat 800 gram
Sensasi asam, pedas dan sedikit manis itu menjadikan Rujak Aceh LLF salah satu favorit saya. Apalagi dikonsumsi dalam keadaan dingin ... Endess deh
O iya, tokonya ada di Kompleks Cemara Asri dan Jalan Majapahit ya temans

Rujak Aceh LLF ( sumber gambar : Makanmana.net )

5. Risol Gogo
Ini juga salah satu oleh-oleh Medan yang banyak dibawa orang. Terletak di Jalan Majapahit, toko ini ramai dikunjungi orang.
Risol Gogo bukan risol ala Amerika yang menggunakan keju, mayonaise dan kawan-kawannya ya
Risol Gogo ini menggunakan krim, susu, ayam dan sayur. Rasanya enak deh apalagi kalau udah dicocol dengan saus sambalnya yang khas itu. Tambah enyaaak
Selain risol, disana tersedia juga lemper yang menggunakan ketan hitam dan kroket

Risol Gogo ( sumber gambar : cek info )

6.  Sus dan Pastry Ayam Tip Top Bakery
Kenapa saya merekomendasikan makanan dari toko bakery yang usianya udah hampir seabad ini menjadi oleh-oleh Medan? Sus dan pastry ayam dari Tip Top Bakery ini dipanggang menggunakan oven kayu. Rasanya hmmm ... Enaaak apalagi ditambah aroma khas dari panggangan oven kayunya. Bener-bener gak ada duanya. Top deh pokoknya

Sus fla ( sumber gambar : Tip Top)  

Pastry ayam ( sumber gambar : Tip Top )

7. Teri Nasi
Oleh-oleh Medan satu ini pasti banyak yang suka. Teri nasi atau kalau di luar Medan lebih dikenal dengan teri Medan.
Selain teri nasi ada juga teri belah, cumi kering, ikan pari asin dan berbagai olahan ikan asin yang jadi favorit buat dijadikan oleh-oleh dari Medan
Belinya bisa di Pajak Sentral yang memang sebagai pusat penjualan ikan asin. Selain disana masih banyak tempat yang menyediakan ikan kering ini

Macam - macam ikan kering ( sumber gambar : Berita Daerah.co.id )

Buat yang malas masak,  teri nasi juga udah ada dalam bentuk olahan siap santap juga. Salah satunya ada di Teri Bajak yang tokonya ada di Merdeka Walk

Teri Bajak ( sumber gambar : Tribun News Medan )

8. Pancake Durian
Aduuuuuh siapa coba yang sanggup menolak kelezatan olahan buah satu ini. Di Medan yang terkenal dengan duriannya, banyak dijumpai penjual pancake.
Ada di Ucok Durian, Bolu Meranti, Bika Ambon Zulaikha, Maidanii, House of Durian atau juga di Restoran Nelayan

Pancake Durian ( sumber gambar : Ucok Durian.Id )

9. Durian Kupas
Buat yang suka durian dari Medan ini,  gak usah bingung kalau mau bawa oleh-oleh Medan satu ini. Durian kupas bisa dibeli di Ucok Durian, Pelawi Durian, Maidanii, House of Durian atau Si Bolang Durian

Durian Kupas ( sumber gambar : Ucok Durian.Id  )

10. Roti Durian Papap
Nah looooh durian lagi kan. Khusus yang ini, di Medan baru Roti Papap yang memperkenalkan olahan durian dalam bentuk roti. Biarpun masih tergolong baru di arena oleh-oleh Medan
Roti Durian Papap cocok digunakan sebagai oleh-oleh. Tekstur rotinya lembut dan selai duriannya durian banget. Enaaak lah
Karena masih merupakan industri rumah tangga, pembeliannya selain online bisa juga langsung dibeli di rumah. Alamatnya di Gg Eka Dahlia, Jalan Eka Rasmi Johor

Roti Durian Papap ( sumber gambar : Roti Papap )

11. Sirup Markisa dan Terong Belanda
Meski sekarang banyak sirup markisa dan terong Belanda dari Medan yang beredar di kota lain. Tak ada salahnya membawa sirup ini dari kota asalnya. Di Medan sendiri satu merk sirup memiliki beberapa macam kelas. Dari yang murah sampai yang mahal
Selain sirup, minuman seperti jus markisa dan terong Belanda juga layak dijadikan oleh-oleh Medan. Hanya saja harganya lebih mahal daripada sirup

Jus Markisa ( sumber gambar : Sarang Tawon) 

Jus Terong Belanda ( sumber gambar : Sarang Tawon )

12. Ulos
Di atas kan udah bicara makanan melulu kan. Sekarang saya mau kasih tau oleh-oleh Medan lainnya. Ulos atau kain tenun khas Batak ini bisa dijadikan oleh-oleh Medan. Buat kalian yang mau beli ulos bisa membeli di Pajak Sentral atau bisa juga beli di Galeri Sianipar
Cuman siapin kantong agak dalam ya buat beli di galeri karena emang ulos yang dibuat disana memiliki kelas tersendiri

Macam - macam ulos ( sumber gambar : Batak Gaul. Com )

13. Kaos Medan
Kalau di Jogja ada Dagadu dan di Bali ada Joger. Kaos sebagai oleh-oleh Medan bisa dibeli di Kaos Kinantan yang letaknya persis di Merdeka Walk.
Atau bisa juga membeli di Medan Bah yang letaknya persis di depan Ucok Durian
O iya selain kaos juga tersedia gantungan kunci dan magnet kulkas loh

Kaos Medan ( sumber gambar : Medan Bah )

Udah kan bicara oleh-oleh Medan. Yuk agendakan kunjungan kalian ke ibukota Sumatera Utara ini

Ahoy ... Horas ... Mejuah-juah

Komentar

  1. Dulu punya tetangga orang Medan, kalau abis mudik aku dikasih oleh-oleh bika ambon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah aku gak terlalu suka sama bika Ambon loh. Sepotong udah cukup... Hihihi

      Hapus
  2. Horas Bah!
    wkwk mbaaaa aku mau donnnkk manisa jambu sama rujak nyaa.. kalo mba ke Banjarmasin, aku mau donk dibawain itu.. *wkwkwkngarep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha sama niy kesukaannya sama aku. Yang seger - seger
      Doain deh biar bisa ke Banjarmasin lagi ... Mudah2an diijabah Allah lah aamiin 😇😂😄

      Hapus
  3. Aku kalau ke Medan beli Bolu Meranti, Manisan Jambu dan Pancake Duren. Wajib karena enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, enak-enak semuanya itu Mb

      Hapus
  4. hehe....oleh-oleh dari Medan tapi namanya Mika Ambon, ini nih justru yang menjadi uniksurunik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bika Ambon dari Medan bukan Ambon 😁😁

      Hapus
  5. Huaaah bikin pengen ngemil nih oleh2 dr medan, aku paling suka bika ambon.

    Terus ituanisan jambu sama Rujak Aceh LLF, bikin ngiler kalo pas siang2. Untung bacanya malem hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bika Ambon saya malah gak terlalu suka hihihi
      Kalo rujaknya emang endeeeesss

      Hapus
  6. Waaaaah...ketemu penduduk medan nih. Asiiik...btw malah baru tau zama rujak aceh..memamg kurang gaul saya di sini mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Medan juga ya, mb. Salam kenal ya
      Kudu dicobain loh rujak Aceh LLF nya. Asli endess bener. Bikin ketagihan

      Hapus
  7. Selama ini cuma tau bika ambon aja. Banyak ya ternyata pilihannya.
    Itu rujak menggugah selera bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Medan emang gudang kuliner, mb. Siap-siap tambah berat badan pokoknya

      Hapus
  8. Bolu meranti...enak bnget kayaknya mba.. Itu semacam roll cake gitu ya mba..

    Dan aku br ngerti..bika ambon asalnya dr Medan tho? Hi..hi, tak pikir ambon.

    Klo yang bau2 durian..aku nggak doyan. Jd kyknya klo suatu hr nympe medan...nggak bkalan beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mb Sulis. Bolu Meranti emang roll cake gitu. Cuman emang beda, enaaak gak kayak bolu gulung lain deh

      Hapus
  9. Aku baru tahu ini, lho. Masih terasa asing nama oleh-olehnya, kecuali bika ambon. Bika ambon juga aku belum pernah coba, jadi penasaran..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bika Ambon berarti paling terkenal yak ... Hihihi
      Ntar klo ke Medan bisa coba tuh oleh-oleh lainnya. Enak-enak deh dijamin 😄

      Hapus
  10. Duuuuhh ingat bolu meranti dan bika ambon nih. Waktu suami dinas sebentar ke Medan..dibawain sih meskipun ga bnyk. EnK banget ya tapi lumayan juga harganya hehebe..rasa keju dan bluberry nya hhhmm... kalap kl ga inget yg lain blm kebagian. 1 roll bisa aku habisin deh .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuat ngabisin satu roll Mb? Woooooooww 😱😱😱

      Saya nyerah deh kalo segitu banyaknya ... Hihihi 😁

      Hapus
  11. Kak ini option komennya g ada pilihan name dan urlnya yak?



    Btw aku dah pernah makan no satu dan dua. No 3. Jadi sedih deh.. Waktu itu ada yg ke medan dan manisan jambu dah seminggu lebih di kulkas. Aku g berani makan karena takut punya orang dan akhirnya dibuang karrna basi. 😞😞😞😞

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Uwan. Masih bingung niy soal blog. Ya terima bawaan blogspot duluan aja 😁

      Enak kan oleh-oleh Medan? Coba yang lainnya kalo ada rejeki lagi ke Medan 😄😄

      Hapus
  12. Wadau enak banget itu kayaknya kak
    ,pengen coba satu-satu malah


    salam
    WWW YUKGAS ID

    BalasHapus
  13. Uenak kabeh. Sampe ta belain beli di pesona jne. Untunge pas itu punya vocer belanja. Haha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengurus Pindah Sekolah Anak ke Luar Kota ( Berdasarkan Pengalaman Pribadi )

Pindah lalu tinggal dan hidup di beberapa kota bukan lagi hal baru buat saya dan keluarga. Hari ini saya akan berbagi tips bagaimana memilih sekolah baru buat anak di luar kota dan prosedur saat anak harus pindah sekolah mengikuti tugas orangtua
Dulu ketika anak masih belum memasuki usia sekolah, saat harus mengikuti tugas suami prioritas utama adalah mencari rumah. Begitu rumah yang diharapkan sudah didapatkan, beres. Barang tinggal diangkut. Nah ketika anak sudah memasuki usia sekolah,  artinya urusan sekolah juga harus masuk prioritas saat akan pindah 





Saat memilih sekolah yang baru untuk anak, ini yang harus diperhatikan : 
1. Tidak terlalu jauh dengan rumah ( terutama buat anak TK atau SD )  
Berhadapan dengan lingkungan baru adalah adaptasi buat anak. Saat memilih sekolah yang letaknya masih terjangkau dari rumah, itu akan memudahkan anak dalam mengenali lingkungan barunya. Anak akan lebih cepat menghafal dimana rumah serta rute jalan yang dilaluinya dari rumah ke sekolah
2. Mu…

Keindahan Kolonial Belanda di Puri Tri Adiguna PTPN 2 Tanjung Morawa

Hai, jumpa lagi dengan saya di postingan ini. Kali ini saya mau berbagi cerita dengan kawan-kawan tentang sebuah tempat menarik yang berada di Tanjung Morawa, Deli Serdang - Sumatera Utara

Di pertengahan Agustus lalu saat hendak pulang dari bandara,  tingkat penasaran saya muncul lagi ketika melewati pagar pembatas samping Kantor PTPN 2 Tanjung Morawa. Berkali - kali lewat disana, penasaran memang tetapi kali itu rasa penasaran saya jadi lebih. Kendaraan yang dikendarai suami saat itu pelan sekali, terlihat saat itu beberapa bangunan era kolonial Belanda. Wow bagus sekali, saya pikir saat itu. Sempat saya katakan ke suami, suatu saat saya akan kesana



Angin segar kemudian saya dapatkan dari Kak Eka, kawan di sekolah anak saya, saat dia mengatakan bahwa rumahnya di komplek PTP.  Saya pikir ya yang saya lihat itu. Rupanya rumah Kak Eka berada di dekat tanah lapang, sebelah Kantor PTPN 2 Tanjung Morawa. Dari Kak Eka itulah saya tahu nama tempat yang saya maksud adalah Puri Tri Adiguna PTP…

" Mama, aku nggak mau sekolah lagi " ... Ketika anakku dibully

Teringat kejadian sore itu saat kami masih di Tangerang Selatan, sepulang sekolah Kakak menangis luar biasa di meja belajarnya. Di tepi jendela saat matahari sore masuk ke kamarnya. "Mama, aku nggak mau sekolah lagi" sambil menangis tersedu-sedu. Jedeeeer ... seperti mendengar petir di siang bolong, anak lelaki kelas 4 SD ini tiba-tiba meminta sesuatu yang tidak pernah kubayangkan.



" Kenapa Kakak gak mau sekolah? " itu pertanyaan pertamaku. "Aku gak betah lagi" masih sambil menangis tersedu-sedu Kakak menjawab.  "Kenapa gak betah? " tanyaku lagi. " Aku ditendang kawanku. Kepalaku ditendang, terus dipukul pake tasnya" katanya. " Kakak udah ngehindar belum? " kutanya Kakak.  " Udah tapi mereka masih ngejar aku, Ma" masih sambil menangis

" Kakak bales gak? " tanyaku kembali. " Nggak,  Ma " jawab Kakak. " Bagus " jawabku. " Tapi aku tetep gak mau sekolah, kawanku jahat " sambil s…